Jumat, 05 Oktober 2012

Pengalaman Ganti Ban Motor

FizR ku memakai ban dunlop bawaan pabrik, awet-nya mana tahan. Sampai 3 tahun kaga gundul-gundul. Cuman pada tahun ke 3, biar kaga gundul bawaannya udah selip melulu walau dijalan kering. Kemudian aku email PT Gadjah Tunggal minta rekomendasi produk ban-nya. Emailku dibalas, aku direkomendasikan pakai NR72. Selama 4 tahun hingga kemarin, ban belakang dan ban depanku pakai NR72(ban belakang sudah ganti 2x, ban depan belum pernah). Puas pakai NR72 cuman sayangnya kalau udah agak tipis, alur ditengah ban tidak dalam lagi, kehilangan traksi kalau jalan basah/hujan.
Percobaan selanjutnya aku beli ban bekas INOUE gaya jadul ukuran 2.50 seharga 10 ribu perak. Kupasang dibelakang. Awalnya OK banget, lari dan tarikan lebih kenceng. Tenaga jadi berlebih, gigi 2 cuman nyampe 45 km/jam udah ga enak mesinnya. Tiga Minggu aku pakai ban ini, sampai ban terasa mudah sliding di jalan kering apalagi jalan basah. Akhirnya kuputuskan tadi pagi ganti ban belakang dengan FDR Duromax 3.00. Lebih gede bo, cuman kok jadi makan tenaga lebih banyak yah. Tarikan dan larinya jadi lebih berat, gigi 2 nya juga nyampe 60 km dengan nyaman.
Rencananya sih FDR Duromax 3.00 kupakai sampai musim hujan sekarang usai. Nanti musim kering pakai NR72 lama lagi hingga botak-tak. Musim hujan selanjutnya dipasang FDR Duromax 3.00. Musim kering berikutnya diganti ban kering yang lain, entah FDR, IRC, atau Dunlop.
Tentang NR72 ada yang menarik, banyak produsen ban yang meniru kembangan NR72, cuman ga ada bintangnya seperti FDR, Tayori, dan satu lagi lupa. Ban FDR Duromax (dibungkus plastik oranye) sulit didapat, kebanyakan toko menjual FDR Citypro dan FDR Cityrunner yang dibungkus plastik biru. Ban FDR Duromax saya peroleh di bengkel Amanah, sebelah timur Polresta Ujungberung.
NB :
ban bekas INOUE gaya jadul = SLICK-HARD
ban baru FDR Duromax 3.00 = WET-HARD

Tidak ada komentar:

Posting Komentar