FizR ku memakai ban dunlop bawaan pabrik, awet-nya mana tahan.
Sampai 3 tahun kaga gundul-gundul. Cuman pada tahun ke 3, biar kaga
gundul bawaannya udah selip melulu walau dijalan kering. Kemudian aku
email PT Gadjah Tunggal minta rekomendasi produk ban-nya. Emailku
dibalas, aku direkomendasikan pakai NR72. Selama 4 tahun hingga kemarin,
ban belakang dan ban depanku pakai NR72(ban belakang sudah ganti 2x,
ban depan belum pernah). Puas pakai NR72 cuman sayangnya kalau udah agak
tipis, alur ditengah ban tidak dalam lagi, kehilangan traksi kalau
jalan basah/hujan.
Percobaan selanjutnya aku beli ban bekas INOUE gaya jadul ukuran
2.50 seharga 10 ribu perak. Kupasang dibelakang. Awalnya OK banget, lari
dan tarikan lebih kenceng. Tenaga jadi berlebih, gigi 2 cuman nyampe 45
km/jam udah ga enak mesinnya. Tiga Minggu aku pakai ban ini, sampai ban
terasa mudah sliding di jalan kering apalagi jalan basah. Akhirnya
kuputuskan tadi pagi ganti ban belakang dengan FDR Duromax 3.00. Lebih
gede bo, cuman kok jadi makan tenaga lebih banyak yah. Tarikan dan
larinya jadi lebih berat, gigi 2 nya juga nyampe 60 km dengan nyaman.
Rencananya sih FDR Duromax 3.00 kupakai sampai musim hujan sekarang
usai. Nanti musim kering pakai NR72 lama lagi hingga botak-tak. Musim
hujan selanjutnya dipasang FDR Duromax 3.00. Musim kering berikutnya
diganti ban kering yang lain, entah FDR, IRC, atau Dunlop.
Tentang NR72 ada yang menarik, banyak produsen ban yang meniru
kembangan NR72, cuman ga ada bintangnya seperti FDR, Tayori, dan satu
lagi lupa. Ban FDR Duromax (dibungkus plastik oranye) sulit didapat,
kebanyakan toko menjual FDR Citypro dan FDR Cityrunner yang dibungkus
plastik biru. Ban FDR Duromax saya peroleh di bengkel Amanah, sebelah
timur Polresta Ujungberung.
NB :
ban bekas INOUE gaya jadul = SLICK-HARD
ban baru FDR Duromax 3.00 = WET-HARD
Tidak ada komentar:
Posting Komentar